- by admin
- 0
- Posted on
Contoh soal listening bahasa inggris smp kelas 7 chapter 2
Menguasai Pendengaran: Contoh Soal Listening Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Chapter 2
Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, memegang peranan penting dalam kehidupan modern. Bagi siswa SMP kelas 7, penguasaan bahasa Inggris tidak hanya membuka pintu ke dunia informasi yang lebih luas, tetapi juga menjadi fondasi penting untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu aspek krusial dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah listening atau kemampuan mendengarkan. Kemampuan ini memungkinkan siswa untuk memahami percakapan, instruksi, informasi, dan ekspresi budaya melalui media audio.
Chapter 2 pada buku pelajaran Bahasa Inggris SMP kelas 7 biasanya memperkenalkan berbagai topik percakapan sehari-hari yang relevan dengan lingkungan siswa. Materi ini sering kali berfokus pada memperkenalkan diri, menanyakan dan memberikan informasi pribadi, serta mendeskripsikan orang atau benda. Untuk membantu siswa mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai jenis soal listening, artikel ini akan menyajikan contoh-contoh soal yang dirancang sesuai dengan karakteristik materi listening di Chapter 2 SMP kelas 7, lengkap dengan analisis mendalam dan strategi menjawab.
Memahami Karakteristik Soal Listening SMP Kelas 7 Chapter 2
Soal listening untuk siswa SMP kelas 7 di Chapter 2 umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut:

- Topik yang Akrab: Percakapan dan narasi biasanya berkisar pada tema-tema yang dekat dengan kehidupan siswa, seperti keluarga, teman, sekolah, hobi, dan kegiatan sehari-hari.
- Kosakata Dasar: Penggunaan kosakata cenderung lebih sederhana dan umum, yang sudah diperkenalkan di bab-bab sebelumnya atau dalam materi spesifik Chapter 2.
- Struktur Kalimat Sederhana: Kalimat yang digunakan biasanya pendek dan memiliki struktur yang lugas, memudahkan pemahaman bagi pembelajar pemula.
- Aksen yang Jelas: Umumnya, audio listening akan menggunakan aksen yang jelas dan tidak terlalu cepat, sehingga lebih mudah diikuti.
- Format Soal Bervariasi: Soal bisa berupa pilihan ganda, mengisi bagian rumpang, mencocokkan gambar, atau menjawab pertanyaan langsung.
Contoh Soal Listening dan Analisis Mendalam
Mari kita telaah beberapa contoh soal yang mencakup berbagai format dan tingkat kesulitan yang umum ditemui di Chapter 2.
>
Bagian 1: Pilihan Ganda (Multiple Choice)
Petunjuk: Dengarkan audio dengan saksama. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pilihan A, B, atau C.
(Audio akan diputar, berisi percakapan antara dua orang, misalnya Ani dan Budi, yang sedang memperkenalkan diri.)
Contoh Audio:
Ani: "Hi, Budi. My name is Ani. I’m 12 years old. I live on Merdeka Street, number 15. I have one brother and one sister."
Budi: "Hello, Ani. My name is Budi. I’m 13 years old. I live on Diponegoro Street, number 7. I’m an only child, so I don’t have any siblings."
Soal 1: What is Ani’s name?
A. Budi
B. Ani
C. Merdeka
Analisis Soal 1:
Soal ini bertujuan untuk menguji kemampuan pendengar dalam menangkap informasi spesifik, yaitu nama salah satu pembicara. Audio dengan jelas menyatakan "My name is Ani." Pilihan B adalah jawaban yang benar karena langsung mencocokkan dengan informasi yang didengar. Pilihan A adalah nama pembicara lain, dan Pilihan C adalah nama jalan yang disebutkan Ani, bukan namanya.
Soal 2: How old is Budi?
A. 12 years old
B. 13 years old
C. 15 years old
Analisis Soal 2:
Soal ini fokus pada detail angka yang disebutkan dalam audio, yaitu usia Budi. Audio menyatakan "I’m 13 years old." Pilihan B adalah jawaban yang benar. Pilihan A adalah usia Ani, dan Pilihan C adalah nomor rumah Ani.
Soal 3: Where does Ani live?
A. Diponegoro Street, number 7
B. Merdeka Street, number 15
C. Merdeka Street, number 7
Analisis Soal 3:
Soal ini menguji pemahaman lokasi tempat tinggal salah satu pembicara. Audio menyebutkan "I live on Merdeka Street, number 15." Pilihan B adalah jawaban yang tepat. Pilihan A adalah alamat Budi, dan Pilihan C adalah kombinasi yang salah dari informasi yang diberikan.
Soal 4: How many siblings does Budi have?
A. One brother and one sister
B. Two siblings
C. No siblings
Analisis Soal 4:
Soal ini menguji pemahaman tentang informasi keluarga. Budi menyatakan, "I’m an only child, so I don’t have any siblings." Pernyataan ini secara langsung mengindikasikan bahwa dia tidak memiliki saudara kandung. Oleh karena itu, Pilihan C adalah jawaban yang benar. Pilihan A adalah deskripsi saudara kandung Ani, dan Pilihan B adalah generalisasi yang tidak akurat.
>
Bagian 2: Mengisi Bagian Rumpang (Fill in the Blanks)
Petunjuk: Dengarkan audio. Lengkapi kalimat-kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang tepat sesuai dengan yang Anda dengar.
(Audio akan diputar, berisi seorang guru yang sedang memberikan instruksi atau memperkenalkan anggota keluarga.)
Contoh Audio:
Teacher: "Good morning, class. Today, we will talk about our families. My father’s name is Mr. Arifin. He is a doctor. My mother’s name is Mrs. Sari. She is a teacher. I have one younger sister. Her name is Maya. She is 7 years old. She likes to draw."
Soal 5: The teacher’s father’s name is Mr. __________.
Jawaban yang Diharapkan: Arifin
Analisis Soal 5:
Soal ini membutuhkan pendengar untuk menangkap nama spesifik yang diucapkan dalam audio. Kalimat "My father’s name is Mr. Arifin" memberikan informasi yang dibutuhkan. Siswa harus mampu mengenali dan menuliskan "Arifin."
Soal 6: The teacher’s mother is a __________.
Jawaban yang Diharapkan: teacher
Analisis Soal 6:
Soal ini menguji pemahaman tentang profesi yang disebutkan. Guru menyatakan, "My mother’s name is Mrs. Sari. She is a teacher." Kata kunci di sini adalah "teacher."
Soal 7: The teacher has one __________ sister.
Jawaban yang Diharapkan: younger
Analisis Soal 7:
Soal ini fokus pada deskripsi hubungan keluarga. Frasa "I have one younger sister" sangat jelas. Kata "younger" penting untuk melengkapi makna kalimat.
Soal 8: Maya is __________ years old.
Jawaban yang Diharapkan: 7
Analisis Soal 8:
Soal ini meminta detail usia dari anggota keluarga yang disebutkan. Audio menyatakan, "She is 7 years old." Angka "7" adalah informasi yang dicari.
>
Bagian 3: Mencocokkan Gambar (Matching)
Petunjuk: Dengarkan deskripsi dari setiap orang. Cocokkan deskripsi tersebut dengan gambar yang sesuai.
(Akan disajikan beberapa gambar orang, misalnya seorang anak laki-laki dengan kacamata, seorang anak perempuan berambut keriting, seorang anak laki-laki tinggi, seorang anak perempuan memakai topi. Kemudian, audio akan membacakan deskripsi mereka.)
Contoh Audio:
- "This is my friend, Rio. He is tall and he wears glasses."
- "This is Sarah. She has curly hair and she is wearing a blue hat."
- "This is Kevin. He is wearing a red t-shirt and he has short brown hair."
- "This is my cousin, Lina. She has long black hair and she is smiling."
(Akan ada gambar yang diberi label A, B, C, D.)
Soal 9: Describe the person in Picture A.
Soal 10: Describe the person in Picture B.
Soal 11: Describe the person in Picture C.
Soal 12: Describe the person in Picture D.
Analisis Bagian Ini:
Soal jenis ini sangat visual. Pendengar harus mampu menghubungkan kata sifat deskriptif (misalnya, "tall," "curly hair," "glasses," "hat," "red t-shirt," "long black hair") dengan elemen visual pada gambar.
- Strategi: Dengarkan setiap deskripsi dengan cermat. Identifikasi kata kunci yang menggambarkan ciri fisik atau pakaian. Setelah itu, cari gambar yang paling sesuai dengan deskripsi tersebut. Misalnya, jika audio mendeskripsikan seseorang "wearing glasses," cari gambar yang menampilkan seseorang memakai kacamata.
>
Bagian 4: Menjawab Pertanyaan (Answering Questions)
Petunjuk: Dengarkan audio. Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan informasi yang Anda dengar.
(Audio akan diputar, berisi seseorang yang menceritakan tentang hobinya atau barang kesayangannya.)
Contoh Audio:
Rina: "Hi everyone, I’m Rina. I’m 12 years old. My favorite hobby is reading books. I love to read stories about adventure and fantasy. I have a collection of about 50 books at home. My favorite book is ‘The Magical Forest’. It’s a story about a brave knight who saves a princess. I usually read for one hour every day, mostly in the evening before I go to sleep."
Soal 13: What is Rina’s favorite hobby?
Jawaban yang Diharapkan: Reading books (or simply Reading)
Analisis Soal 13:
Soal ini meminta identifikasi hobi utama Rina. Rina secara eksplisit menyatakan, "My favorite hobby is reading books."
Soal 14: What kind of stories does Rina like to read?
Jawaban yang Diharapkan: Adventure and fantasy stories (or Adventure and fantasy)
Analisis Soal 14:
Soal ini membutuhkan detail lebih lanjut tentang genre cerita yang disukai Rina. Dia menyebutkan, "I love to read stories about adventure and fantasy."
Soal 15: How many books does Rina have in her collection?
Jawaban yang Diharapkan: About 50 books (or 50 books)
Analisis Soal 15:
Soal ini menguji kemampuan menangkap angka spesifik terkait koleksi buku. Rina menyatakan, "I have a collection of about 50 books at home."
Soal 16: When does Rina usually read?
Jawaban yang Diharapkan: In the evening (or Every evening)
Analisis Soal 16:
Soal ini menanyakan waktu spesifik Rina melakukan aktivitasnya. Dia mengatakan, "I usually read for one hour every day, mostly in the evening before I go to sleep." Bagian "in the evening" adalah jawaban yang relevan.
>
Tips dan Strategi Sukses dalam Soal Listening
Untuk memaksimalkan performa dalam tes listening, siswa dapat menerapkan beberapa strategi berikut:
-
Persiapan Sebelum Mendengar:
- Baca Pertanyaan Terlebih Dahulu: Sebelum audio diputar, luangkan waktu untuk membaca semua pertanyaan dan pilihan jawaban (jika ada). Ini akan memberi Anda gambaran tentang informasi apa yang perlu Anda cari.
- Identifikasi Kata Kunci: Perhatikan kata kunci dalam pertanyaan, seperti nama, angka, tempat, waktu, kata kerja, atau kata sifat.
-
Saat Mendengarkan:
- Fokus Penuh: Singkirkan gangguan dan fokuskan perhatian Anda pada audio.
- Tangkap Ide Utama: Cobalah untuk menangkap gagasan umum dari percakapan atau narasi. Apa topik utamanya? Siapa yang berbicara?
- Dengarkan Kata Kunci: Perhatikan kata-kata dan frasa yang relevan dengan pertanyaan yang telah Anda baca.
- Catat Informasi Penting: Jika diizinkan, buat catatan singkat tentang angka, nama, atau detail penting lainnya yang Anda dengar.
- Jangan Panik Jika Ada Kata yang Tidak Diketahui: Jika ada satu atau dua kata yang tidak Anda pahami, jangan biarkan hal itu mengganggu konsentrasi Anda pada keseluruhan pesan. Terkadang, konteksnya dapat membantu Anda menebak maknanya.
- Perhatikan Nada Suara dan Intonasi: Nada suara dan intonasi dapat memberikan petunjuk tentang emosi atau maksud pembicara.
-
Setelah Mendengarkan:
- Periksa Kembali Jawaban: Jika ada waktu, tinjau kembali jawaban Anda untuk memastikan semuanya sudah sesuai.
- Gunakan Logika: Jika Anda ragu antara dua pilihan, gunakan logika dan informasi yang Anda tangkap untuk membuat keputusan terbaik.
Mengapa Latihan Listening Itu Penting?
- Memahami Instruksi: Dalam kelas, guru sering memberikan instruksi lisan. Kemampuan mendengarkan yang baik memastikan siswa dapat mengikuti instruksi dengan benar.
- Pembelajaran Aktif: Listening memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dengan bahasa yang diucapkan, meningkatkan pemahaman dan retensi materi.
- Pengembangan Keterampilan Komunikasi: Kemampuan mendengarkan adalah setengah dari komunikasi. Dengan mendengarkan secara efektif, siswa dapat merespons percakapan dengan lebih baik.
- Persiapan untuk Ujian: Soal listening adalah komponen umum dalam berbagai jenis ujian, baik di tingkat sekolah maupun nasional.
Kesimpulan
Menguasai kemampuan listening adalah keterampilan fundamental yang harus dikembangkan oleh setiap siswa SMP kelas 7. Dengan memahami karakteristik soal listening di Chapter 2, berlatih dengan berbagai jenis contoh soal, dan menerapkan strategi yang efektif, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dan performa mereka secara signifikan. Latihan yang konsisten dan fokus pada pemahaman makna, bukan hanya sekadar mendengarkan kata demi kata, akan menjadi kunci keberhasilan dalam menguasai bahasa Inggris. Ingatlah, setiap sesi mendengarkan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.
>
